Sunday 19 April 2020

Ceramic Bearing



Bola bearing biasanya terbuat dari besi atau baja, sedangkan bearing keramik, menggunakan material keramik silicon nitride (Si2N4), Alumina Oxide (Al2O3), Zirconia Oxide (ZrO2), atau Silicon Carbide (SiC). Pemakaian keramik pada bearing mungkin adalah yang paling populer dibandingkan dengan pemakaian pada komponen lainnya.
Rolling resistance (tahanan gulir) adalah kelebihan utama yang dipromosikan oleh produsen bearing keramik. Karena bantalan keramik lebih bulat dengan permukaan yang lebih halus dan ukuran yang lebih seragam, kurangnya gesekan dapat berkontribusi pada lebih sedikit energi yang diperlukan untuk memutar memutar bola di dalam bearing. Bantalan keramik juga lebih keras daripada bantalan baja (hingga 30%), yang meningkatkan daya tahan, juga tidak berkarat sehingga lebih sedikit perawatan yang diperlukan. Karena keefisien geseknya bola keramik lebih rendah, sehingga bearing keramik juga membutuhkan oli yang lebih sedikit.
Permasalahan yang paling umum pada bearing logam yang kita pakai adalah kurang pelumas/gemuk dan karatan, sehingga bearing keramik ini bisa menjadi alternative yang cukup bagus. Pemakaian keramik pada bearing, bisa diaplikasikan hanya pada bolanya saja, atau juga pada raceway (dudukan bola)nya. Full ceramic bearing memakai race dan bola bearing yang sama-sama terbuat dari keramik.

No comments:

Post a Comment